• MTS NEGERI 2 KARAWANG
  • A Little Step To Cross The World

PROFIL

1. Sejarah Pendirian MTsN 2 Karawang

Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Karawang atau yang biasa disebut MTsN 2 Karawang merupakan satu-satunya Sekolah/Madrasah Negeri di Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang Jawa Barat. Sejarah singkat MTsN 2 Karawang, yang sebelumnya madrasah swasta bernama Madrasah Tsanawiyah Karawang 1 Jatisari bermula dari suatu lembaga pendidikan swasta Sekolah PGA 4 Tahun yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan yang berbasis Islam berdiri tahun 1962.

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 515A tahun 1995 tanggal 25 Nopember 1995 Madrasah Tsanawiyah Karawang 1 Jatisari Kabupaten Karawang dialih fungsikan menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs Negeri) Jatisari Kabupaten Karawang dan sekarang bernama Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Karawang Kabupaten Karawang yang berlokasi di Jalan Raya Jatisari No. 195 Desa Mekarsari Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang 41374.

Berdirinya Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Jatisari karena adanya masa integrasi atau integrasi dari beberapa sekolah Agama. Pada awalnya MTsN Jatisari  merupakan transportasi atau perpindahan dari sekolah keguruan yaitu Pendidikan Guru Agama Empat Tahun (PGA 4 Tahun). PGA 4 Tahun adalah sekolah menengah tingkat pertama. Kemudian dari PGA 4 Tahun untuk menjadi seorang pengajar atau tenaga pendidik maka harus melanjutkan ke Pendidikan Guru Agama Enam Tahun (PGA 6 Tahun). PGA 6 Tahun ini kedudukannya adalah setingkat dengan Sekolah Menengah Tingkat Atas (SLA) Keguruan.Kemudian PGA 4 Tahun mengalami integrasi pada tahun 1970 menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri.Juga PGA 6 Tahun berubah menjadi PGA Negeri yang merupakan Sekolah lanjutan dari Madrasah Tsanawiyah.

PGA Negeri sendiri hanya ada satu untuk daerah tingkat I artinya kedudukan PGA Negeri hanya didaerah Provinsi.Sedangkan untuk daerah Jawa Barat ada di Karawang.Selain itu juga membuka cabang di daerah tingkat II Kabupaten Karawang tepatnya di Jatisari.

Kemudian untuk mengubah PGA Negeri 6 Tahun menjadi PGA Negeri 3 Tahun harus memiliki sebuah Madrasah Tsanawiyah Negeri.Untuk daerah tingkat II Kabupaten Karawang, Madrasah Tsanawiyah Negeri hanya ada satu dan berkedudukan di daerah Cilamaya yang seharusnya di Jatisari.Maka dengan segala pertimbangan yang matang diputuskanlah untuk mendirikan Madrasah Tsanawiyah Negeri Jatisari.

Para pendiri Madrasah adalah tokoh-tokoh masyarakat Kecamatan Jatisari yang punya wibawa dan pengaruh terhadap masyarakatnya.

  1. Zaenal Mustofa ( Mama Zenal )
  2. H.A Bahrudin
  3. M. Mansur
  4. Abdul Mukti Usman
  5. Ata Arifudin
  6. M. Sail
  7. M. Yaya Asy’ari
  8. Ahmad Nu’man
  9. Tita Wirta Kusnadi

 

Perjalanan Sejarah Berdirinya MTs. Negeri 2 Karawang Kabupaten Karawang dapat diuraikan sebagai berikut :

  1. Berawal dari Sekolah PGA 4 tahun yang berdiri dari tahun 1962
  2. Madrasah Tsanawiyah Karawang 1 Jatisari dengan Kepala Madrasah pertama yaitu, Drs. H. Ahmad Nu’man sampai tahun 1982
  3. Madrasah Tsanawiyah Karawang 1 Jatisari dengan Kepala Madrasah Kedua yaitu Drs. H. MW Tadjudin sampai tahun 1995
  4. Pada tanggal 25 Nopember 1995 berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 515A MTs. Karawang 1 Jatisari dialihfungsikan menjadi Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Jatisari Kabupaten Karawang  dengan Kepala Madrasah pertama yaitu Drs. Syarbini dari tahun 1996 s/d 2001. Kita jadikan tanggal 25 Nopember sebagai HARI MILAD MTsN 2 KARAWANG
  5. Tahun 2001 s/d 2010 Kepala Madrasah berdasarkan surat keputusan Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Karawang dijabat oleh Hj. Didah Farizah, S.Pd.
  6. Tahun 2010 s/d 2013 Kepala Madrasah dijabat oleh Drs. H. Eman Sulaeman berdasarkan SK Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Karawang
  7. Tanggal 30 Oktober 2010 dengan surat dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Dp.008043, MTs Negeri Jatisari telah memperoleh Akreditasi dengan peringkat A sampai dengan tahun pelajaran 2015/2016.
  8. Tahun 2013 Kepala Madrasah dijabat oleh Hj. Halimah, MM sampai tahun 2017
  9. Dan dari tahun 2017 sampai 1 April 2021 Kepala Madrasah dijabat oleh HM. Nuryaqin, M.Si.
  10. Dan dari 1 April 2021 sampai sekarang Kepala Madrasah dijabat oleh H. Suparwoto, M.Pd.

 

2. Letak Geografis

Letak geografis MTsN2 Karawang berada di Jalur Pantai Utara (Pantura). Perbatasan antara Karawang – Subang. Tepatnya di Jalan Raya Jatisari No. 195 Desa Mekarsari Kecamatan Jatisari Kabupaten Karawang 41374.

 

3. Luas Tanah dan Bangunan

MTsN 2 Karawang berdiri di atas areal tanah seluas 3277 M2 dengan status tanah Madrasah sertifikat tanah wakaf dan ada tanah sendiri seluas 690 M2. Dalam areal tanah tersebut berdiri bangunan depan sebelah kiri sebagai kantor madrasah meliputi ruang kepala madrasah,  ruang tata usaha atau yang biasa disebut ruang TU. Ditengah ada ruang guru. Pada bangunan depan sebelah kanan yang dipisahkan jalan masuk sebagai perpustakaan dan laboratorium komputer. Untuk bangunan 22ruang kelas yang berdiri disebelah kanan dan kiri melingkari lapangan upacara bendera. Pada bagian depan pojok sebelah barat terletak sebuah bangunan Mushola. Semua bangunan madrasah seluas 1585 M2. Dari sisa bangunan terdapat beberapa bangunan sebagai ruang pembelajaran, UKS,  Koperasi, Kantin dan Toilet. Semua tanah dan bangunan yang ada diserahkan dari Yayasan Pendidikan Islam Jatisari ke Negara.

 

 

VISI DAN MISI MTSN 2 KARAWANG

Visi

Membentuk Siswa Beriman dan Bertaqwa, serta menguasai IPTEK

 

Misi

  1. Mewujudkan organisasi madrasah yang terus belajar (Learning Organization)
  2. Mewujudkan madrasah yang relevan, memadai, dan berwawasan kedepan
  3. Mewujudkan pembiayaan pendidikan yang memadai, wajar dan adil
  4. Mewujudkan tenaga pendidik dan kependidikan yang mampu dan tangguh
  5. Mewujudkan manajemen berbasis madrasah yang tanggguh
  6. Mewujudkan kemampuan Olah Raga yang tangguh
  7. Mewujudkan madrasah yang berwawasan wiyata mandala yang harmonis
  8. Mewujudkan pengamalan nilai nilai Agama bagi peserta didik
  9. Mewujudkan nilai-nilai solidaritas bagi kehidupan madrasah.

 

Halaman Lainnya
PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU KELAS 7 MTSN 2 KARAWANG TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 2 Karawang Kabupaten Karawang menerima Peserta Didik Baru untuk Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan ketentuan sebagai berikut:   A.  KETENTUAN PE

21/05/2022 15:16 - Oleh Administrator - Dilihat 1979 kali